Sabtu, 17 Desember 2011

Cegah Kejahatan, Ingat & Catat Nopol Angkot Sebelum Naik

0 komentar

Kejahatan di dalam angkutan kota semakin marak. Belum lama ini Ros (40) dirampok dan diperkosa dalam angkot. Polda Metro Jaya meminta agar penumpang, khususnya wanita, lebih waspada dan memperhatikan pelat nomor angkot yang dinaikinya.

TMC Polda Metro Jaya, Minggu (18/12/2011) menyatakan bila diperlukan nomor pelat nomor angkot tersebut dikirimkan melalui SMS kepada orang terdekat. Selain itu penumpang wanita juga harus memastikan nomor trayek dan tujuan angkot tersebut.

Selain itu polisi juga meminta agar penumpang selektif memilih angkot. Pilihlah angkot yang kacanya bening agar apa yang terjadi di dalam angkot bisa dilihat dari luar. Selain itu pilihlah angkot yang sopirnya memakai seragam dan tanda pengenal serta mempunyai penerangan didalamnya. Hal untuk memudahkan identifikasi jika terjadi kejahatan di dalam angkot.

Kepolisian juga meminta agar penumpang menghindari tertidur di dalam angkot. Selain itu juga diminta agar tidak menerima makanan dan minuman dari orang yang tidak dikenal. Hal ini untuk mencegah pembiusan. Bila ada tanda-tanda mencurigakan lebih baik segera turun di tempat yang aman.

Bila menggunakan angkutan pada malam hari, lebih baik tidak sendirian. Selain itu diminta memakai baju yang tertutup dan tidak memperlihatkan barang berharga seperti perhiasan dan uang di depan umum.

SUMBER

Leave a Reply